3.
PERANCANGAN
DAN IMPLEMENTASI
3.1 Gambaran Umum Aplikasi
Aplikasi ini dibuat untuk
membanu pengguna menemukan lokasi skatepark
terbaik di Indonesia. Aplikasi ini terdiri beberapa menu, yaitu adalah menu
Lokasi Skatepark, Toko Skateboard, Mari Bermain, dan Tentang. Dalam menu
Lokasi Skatepark berisi 10 pilihan skatepark terbaik di Indonesia, dan didalamnya terdapat informasi
serta lokasi yang dilengkapi dengan GPS. Pada
menu Toko Skateboard terdiri
dari 8 pilihan toko skateboard yang
dapat dipilih salah satunya. Didalam menu Mari Bermain terdapat 4 pilihan
mengenai konten tambahan yaitu, Perlengkapan dasar, Teknik Dasar, Komunitas,
dan Event. Dalam submenu Teknik Dasar berisi 7 pilihan yang berisi informasi teknik-teknik
dasar dalam bermain skateboard, sedangkan
didalam submenu Komunitas terdapat 4
pilihan yang berisi informasi komunitas skateboard.
Menu Tentang berisikan informasi pembuat
aplikasi. Terakhir adalah menu Keluar yang dapat digunakan untuk keluar dari
aplikasi.
Langkah awal pembuatan aplikasi ini adalah membuat skema penggambaran
urutan pembuatan aplikasi. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Java SE sebagai
kompilasi dan compatible aplikasi android dan SDK (System Development Kit)
sebagai alat bantu atau penunjang sistem, gambar 3.1 berikut ini adalah gambar
tahapan perancangan program :
Gambar 3.1 Tahapan perencanaan program
Tahapan untuk melakukan
perancangan pembuatan aplikasi di deskripsikan sebagai berikut :
1.
Pengumpulan data dan perencanaan
Tahapan pertama yaitu mengumpulkan data atau informasi
yang diperlukan dan berkaitan dengan
materi yang dibahas, yaitu :
ü
Bahasa Pemrograman Java
ü
Eclipse Luna
ü
Sistem Operasi Android
ü
10 Lokasi Skatepark Terbaik di
Indonesia
ü
Informasi dan Lokasi Skateshop
di Indonesia
ü
Dan Hal-hal lain yang berhubungan dengan skateboard
2.
Perancangan
Tahapan ini meliputi pembuatan desaign struktur
navigasi dari aplikasi yang akan dibuat, sebagai bahan acuan membuat sebuah
program aplikasi yang mudah untuk
dioperasikan oleh pengguna.
3.
Implementasi
Tahapan implementasi ini dilakukan pembuatan
aplikasi secara keseluruhan, meliputi proses pembuatan aplikasi secara
keseluruhan dan bersifat global, meliputi proses pembuatan kode program / coding pada Eclipse Luna.
4.
Pengujian
Tahapan terakhir yaitu melakukan sebuah ngujian
pengujian, yang pertama harus dilakukan proses uji coba aplikasi pada emulator android, hal ini dilakukan
untuk melihat proses aplikasi apakah sesuai dengan sebagaimana fungsinya,
tahapan yang kedua lakukan uji coba smartphone
yang berbasis android untuk melihat kebenaran pada emulator tersebut dan
sesuai dengan sebagaimana fungsinya. Karna pada saat pengujian ini kita dapat
menganalisa kesalahan-kesalahan yang terjadi pada
program atau aplikasi untuk mengubah sesuai sebagaimana dengan mestinya dan
fungsi – fungsinya.
3.2 Struktur Navigasi
Struktur navigasi ini merupakan langkah
awal dari proses pembuatan aplikasi. Struktur navigasi yang digunakan dalam
penulisan ini adalah struktur navigasi hirarki karena tampilan pada menu utama
disebut master page (halaman utama
satu), halaman tersebut mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung). Dalam
struktur navigasi dijelaskan gambaran umum dari aplikasi
Informasi Lokasi Skatepark Terbaik Di
Indonesia seperti Gambar 3.2.
Gambar 3.2 Struktur Navigasi
3.3
Perancangan Proses
Pada aplikasi ini, terdapat 3 diagram
perancangan proses yaitu Use Case Diagram, Activity diagram dan Sequence
Diagram.
3.3.1
Use Case Diagram
Diagram use case model berfungsi untuk
mendeskripsikan interaksi antara user dan sistem. Diagram Use Case mempunyai 2
komponen, yaitu Use Case dan Actor.
Gambar 3.3 Use Case Diagram
3.3.2
Activity Diagram
Activity diagram menggambarkan
berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana
masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan
bagaimana mereka berakhir. Activity diagram mempunyai 14 komponen, yaitu ActionState, SubactivityState, InitialState,
Synchronization, Decision, Flow Final, Object Flow, Signal Accept State, Signal
Send State, Transition, SelfTransition, Swimlane (Vertical) dan Swimlane (Horizontal).
3.3.2.1
Activity Diagram Pada Menu Lokasi Skatepark
Activity diagram pada menu Lokasi Skatepark menjelaskan
alur pada menu Lokasi Skatepark dan dapat dilihat pada gambar 3.4
Gambar
3.4 Activity Diagram Menu Lokasi Skatepark
3.3.2.2 Activity Diagram Pada Menu Toko Skateboard
Activity diagram pada menu Toko Skateboard menjelaskan
alur pada menu Toko
Skateboard dan dapat dilihat pada gambar 3.5
Gambar
3.5
Activity Diagram Menu Toko Skateboard
3.3.2.3 Activity Diagram Pada Menu Mari Bermain
Activity diagram pada menu Mari Bermain menjelaskan alur pada menu Mari Bermain dan dapat dilihat pada gambar 3.6.
Gambar
3.6
Activity Diagram Menu Mari Bermain
3.3.2.4 Activity Diagram Pada Menu Tentang
Activity
diagram pada menu Tentang
menjelaskan alur pada menu Tentang
dan dapat dilihat pada gambar 3.7.
Gambar
3.7
Activity Diagram Menu Tentang
3.3.3
Sequence Diagram
Diagram Sequence dapat dipergunakan pada
tahapan analisis maupun perancangan(desaign). Diagram Sequence mempunyai 4
komponen, yaitu actor, System Box, Timelines dan Interactions.
Pada aplikasi ini terdapat beberapa diagram sequence, seperti diagram sequence
pada menu
Lokasi Skatepark, Base Skatepark, Toko Skateboard, Endonesie Skateshop, Mari
Bermain, Perlengkapan Dasar, Teknik Dasar, Ollie, Komunitas, Komunitas Taman
Honda Tebet, Event, dan Tentang.
3.3.3.1
Sequence Diagram Pada Menu Lokasi Skatepark
Sequence diagram pada menu Lokasi Skatepark menampilkan
menu pilihan 10
lokasi skatepark seperti pada gambar 3.8.
Gambar 3.8 Sequence Diagram Menu Lokasi Skatepark
3.3.3.2 Sequence Diagram Pada Halaman Base Skatepark
Sequence diagram pada halaman Base Skatepark menampilkan informasi, alamat, serta peta seperti pada gambar 3.9.
Gambar 3.9 Sequence Diagram Halaman
Base Skatepark
3.3.3.3 Sequence Diagram Pada Menu Toko Skateboard
Sequence diagram pada menu Toko Skateboard menampilkan
menu pilihan 8 lokasi
toko skateboard seperti pada gambar 3.10
Gambar 3.10 Sequence Diagram Menu Toko
Skateboard
. 3.3.3.4 Sequence Diagram Pada Halaman Endonesie Skateshop
Sequence diagram pada halaman Endonesie Skateshop menampilkan informasi dan peta seperti pada gambar 3.11.
Gambar 3.11 Sequence Diagram Halaman
Endonesie Skateshop
. 3.3.3.4 Sequence Diagram Pada Menu Mari Bermain
Sequence diagram pada halaman Menu Bermain menampilkan menu pilihan 4 button konten
tambahan seperti pada gambar 3.12.
Gambar 3.12 Sequence Diagram Menu Mari
Bermain
3.3.3.5 Sequence Diagram Pada Menu Perlengkapan Dasar
Sequence diagram pada halaman Perlengkapan Dasar menampilkan halaman berisi informasi
Perlengkapan Dasar seperti pada
gambar 3.13.
Gambar 3.13 Sequence Diagram Menu
Perlengkapan Dasar
3.3.3.6 Sequence Diagram Pada Menu
Teknik Dasar
Sequence diagram pada Menu Teknik Dasar menampilkan 7 pilihan menu Teknik Dasar
seperti pada gambar 3.14.
. Gambar 3.14 Sequence Diagram Menu
Teknik Dasar
3.3.3.6 Sequence Diagram Pada Halaman
Ollie
Sequence diagram pada halaman Ollie Menampilkan
halaman berisi informasi seperti
pada gambar 3.15.
Gambar 3.15 Sequence Diagram Menu Olie
3.3.3.7 Sequence Diagram Pada Menu
Komunitas
Sequence diagram pada Menu Komunitas menampilkan 4 pilihan menu Komunitas seperti pada gambar 3.16.
Gambar 3.16 Sequence Diagram Menu
Komunitas
3.3.3.8 Sequence Diagram Pada Halaman
Komunitas Taman Honda Tebet
Sequence diagram pada halaman Komunitas Taman
Honda Tebet Menampilkan halaman berisi informasi seperti pada gambar 3.17.
Gambar 3.17 Sequence Diagram Halaman
Komunitas Honda Tebet
3.3.3.9 Sequence Diagram Pada Menu Event
Sequence diagram pada Menu Event menampilkan halaman berisi informasi seperti pada gambar 3.18.
Gambar 3.18 Sequence Diagram Menu
Event
3.3.3.10 Sequence Diagram Pada Menu
Tentang
Sequence diagram pada Menu Tentang
menampilkan
halaman berisi informasi pembuat aplikasi seperti pada gambar 3.19.
Gambar 3.19 Sequence Diagram Menu
Tentang
3.4
Rancangan Tampilan Aplikasi
Rancangan tampilan aplikasi merupakan
tahapan yang harus dikerjakan sebelum membuat suatu aplikasi. Rancangan
tampilan ini menggambarkan keterkaitan antara setiap halaman dan juga
menjelaskan arah komunikasinya. Rancangan tampilan aplikasi bertujuan agar
program atau aplikasi yang dihasilkan terlihat lebih menarik, mudah dimengerti
dan dioperasikan. Pada rancangan awal aplikasi ini terdiri dari halaman pembuka
(splash screen), halaman menu utama halaman lokasi skatepark, halaman toko skateboard, halaman mari bermain, halaman informasi lokasi skatepark, halaman informasi toko skateboard, serta halaman tentang.
3.4.1
Rancangan Halaman Pembuka
Halaman splash
screen atau yang biasa disebut dengan halaman pembuka adalah halaman yang
tampil sesaat sebelum halaman menu utama ditampilkan. Di halaman ini
menampilkan gambar dan loading. Apabila loading telah selasai, maka akan tampil
halaman menu utama dari aplikasi ini. Gambar 3.20
berikut ini adalah rancangan halaman splash screen.
Gambar 3.20 Rancangan Tampilan Splash Screen
Keterangan gambar :
-
Background = Gambar layar
belakang
-
Spinner = Tampilan loading
3.4.2
Rancangan Halaman Menu Utama
Halaman menu utama adalah halaman
pertama dari aplikasi ini setelah menampilkan halaman pembuka atau splash
screen. Pada rancangan halaman menu utama ini berisikan lima button pilihan yang dapat dipilih, jika user
memilih lokasi
skatepark maka akan tampil sepuluh button lokasi skatepark.
Jika user memilih toko
skateboard maka akan tampil 8 button toko
skateboard, jika user meilih button mari
bermain maka akan tampil 4 button konten tambahan, jika user memilih button
tentang maka akan tampil informasi pembuat aplikasi, dan jika user memilih keluar maka akan tampil message
box yang member persetujuan apakah user akan keluar dari aplikasi ini atau
tidak. Gambar 3.21 berikut ini adalah rancangan halaman
menu utama.
Gambar 3.21 Rancangan Halaman Menu Utama
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau
class yang sedang aktif
-
Button 1 = Lokasi
skatepark
-
Text view 1 = Berisi
tulisan “Lokasi Skatepark”
-
Button 2 = Toko
Skateboard
-
Text view 2 = Berisi tulisan
“Toko Skateboard”
-
Button 3 = Mari
bermain
-
Text view 3 = Berisi
tulisan “Mari Bermain”
-
Button 4 = Tentang
-
Text view 4 = Berisi
tulisan “Tentang”
-
Button 5 = Keluar
-
Text view 5 = Berisi
tulisan “Keluar”
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.3
Rancangan Halaman Lokasi Skatepark
Jika user memilih menu Lokasi Skatepark yang terdapat di halaman utama, maka akan menampilkan
halaman seperti gambar 3.22, dimana didalam halaman tersebut terdapat 10 pilihan menu lokasi skatepark terbaik di Indonesia.
Gambar 3.22 Rancangan Lokasi
Skatepark
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Button 1 = Base Skatepark
-
Button 2 = Bloodbath Skatepark
-
Button 3 = Buqiet Skatepark
-
Button 4 = Donkey Skatepark
-
Button 5 = Greenpark Skatepark
-
Button 6 = Ketabang Skatepark
-
Button 7 = Predator Skatepark
-
Button 8 = Puink Skatepark
-
Button 9 = SDC Skatepark
-
Button 10 = Wonder Skatepark
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.4
Rancangan Halaman Toko Skateboard
Jika user memilih menu Toko Skateboard yang
terdapat di halaman utama, maka akan menampilkan halaman seperti pada gambar 3.23, dimana
didalam menu
toko skateboard tersebut
terdapat pilihan 8 nama Toko skateboard
yang terletak di Indonesia. Gambar 3.23 berikut ini adalah rancangan halaman Toko Skateboard.
Gambar 3.23 Rancangan Halaman Toko
Skateboard
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Button1 = Endonesie
Skateshop
-
Button2 = Heaven
Skateshop
-
Button3 = Hobbies
Skateshop
-
Button4 = Hybrid
Skateshop
-
Button5 = Linecoltd
Skateshop
-
Button6 = Owlvetica
Skateshop
-
Button7 = Wonder
Skateshop
-
Button8 = Zie
Skateshop
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.5 Rancangan Halaman Mari
Bermain
Jika user memilih menu Mari Bermain yang terdapat
di halaman Utama, maka akan menampilkan halaman seperti
gambar 3.24, dimana didalam halaman Mari Bermain tersebut terdapat empat pilihan menu konten
tambahan. Gambar 3.24 berikut ini adalah rancangan halaman Mari Bermain.
Gambar 3.24 Rancangan Halaman Mari
Bermain
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Button1 = Perlengkapan
dasar
-
Button 2 = Teknik
dasar
-
Button 3 = Komunitas
-
Button 4 = Event
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.6
Rancangan Halaman Tentang
Jika user memilih menu
Tentang pada halaman Mari Bermain maka akan tampil informasi singkat pembuat aplikasi. Gambar
3.25 adalah rancangan halaman Tentang.
Gambar 3.25 Rancangan Halaman Tentang
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class java
yang sedang aktif
-
Textview1 = Judul Tulisan “Tentang Pembuat Aplikas”
-
Textview2 =
Berisi informasi singkat pembuat
aplikasi
-
Textview3 = Berisi Tulisan
-
Textview4 = Berisi Tulisan
“andrewsantiagoo.blogspot.com”.
-
Textview5 = Berisi Tulisan “@endrusantiago”
-
-
Imageview 1 = Berisi foto Pembuat Aplikasi
-
Imageview 2 = Berisi gambar icon Gmail
-
Imageview 3 = Berisi gambar icon Blogspot
-
Imageview 4 =
Berisi gambar icon Twitter
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.7 Rancangan Tampilan
Halaman Submenu Pada Lokasi Skatepark
Apabila user memilih button Lokasi skatepark dan
memilih salah satu button skatepark yang terdapat disana maka akan tampil
informasi singkat seputar skatepark, alamat serta button untuk mencari lokasi
yang tersambung dengan gps. Rancangan tampilannya seperti pada gambar 3.26.
Gambar 3.26 Rancangan Tampilan Halaman
salah satu lokasi Skatepark
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif.
-
Image view 1 = Berisi gambar Skatepark.
-
Text view 1 =
Berisi Judul Bertuliskan “Info Lokasi”.
-
Text view 2 = Berisi informasi skatepark.
-
Text view 3 = Berisi judul kedua bertuliskan
“Alamat”.
-
Text view 4 = Berisi alamat skatepark.
-
Button 1 = Berisi button bergambar icon
lokasi yang tersambung
dengan gps.
-
Text view 5 = Berisi tulisan “cari lokasi”.
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.8
Rancangan Tampilan Halaman Submenu Pada Toko
Skateboard
Apabila
user memilih menu Toko Skateboard dan
memilih salah satu pilihan toko skateboard yang terdapat disana maka akan
tampil alamat serta button untuk mencari lokasi yang tersambung dengan gps.
Rancangan tampilannya seperti pada gambar 3.27.
Gambar 3.27 Rancangan Tampilan Halaman
salah satu toko Skateboard
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Text view 1 = Berisi nama toko skateboard.
-
Image view 1 = Berisi foto toko skateboard
-
Text view 2 = Berisi alamat toko skateboard
-
Button 1 = Berisi gambar icon lokasi yang
tersambung dengan gps
-
Textview3 = Berisi tulisan “cari lokasi”.
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.9 Rancangan Tampilan Halaman
Perlengkapan Dasar
Apabila
user memilih menu Mari Bermain maka akan tampil halaman yang berisi 4 pilihan
tentang konten tambahan, salah satunya adalah perlengkapan dasar yang berisi
informasi-informasi perlengkapan apa saja yang harus dipakai saat bermain skateboard, rancangan tampilan halaman
perlengkapan dasar seperti pada gambar 3.28.
Gambar 3.28 Rancangan Tampilan Halaman Perlengkapan Dasar
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif.
-
Image view 1 = Berisi gambar perlengkapan dasar.
-
Text view 1 = Berisi penjelasan secara umum
-
Text view 2 = Berisi tulisan “helm”.
-
Image view 2 = Berisi gambar helm.
-
Textview3 = Berisi penjelasan kegunaan helm.
-
Text view 4 = Berisi tulisan “Pelindung Tangan”.
-
Image view 3 = Berisi gambar pelindung tangan.
-
Text view 5 = Berisi penjelasan kegunaan
pelindung tangan
-
Text view 6 = Berisi tulisan “pelindung sikut”.
-
Image view 4 = Berisi gambar pelindung sikut”.
-
Text view 7 = Berisi penjelasan kegunaan
pelindung sikut.
-
Text view 8 = Berisi tulisan “pelindung lutut”.
-
Image view 5 = Berisi gambar pelindung lutut.
-
Text view 9 = Berisi penjelasan kegunaan pelindung
lutut.
-
Text view 10 = Berisi pesan dalam bermain skateboard
-
Background = Gamabar laya belakang
3.4.10
Rancangan Tampilan Halaman Teknik Dasar
Apabila user memilih menu Mari Bermain maka akan tampil
halaman yang berisi 4 pilihan tentang konten tambahan salah satunya adalah Teknik Dasar yang berisi 7 teknik-teknik dasar dalam bermain skateboard rancangan
tampilan halaman perlengkapan dasar seperti pada gambar 3.29.
Gambar
3.29 Rancangan Tampilan Halaman Teknik Dasar
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang sedang aktif
-
Button 1 = Ollie
-
Button 2 = Kickflip
-
Button 3 = Indy
-
Button 4 = Impossible
-
Button 5 = Grind
-
Button 6 = Invert
-
Button 7 = Manual
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.11
Rancangan Tampilan Halaman Submenu
Pada Teknik Dasar
Apabila user memilih menu Teknik Dasar dan memilih
salah satu teknik dasar yang terdapat disana maka akan tampil informasi singkat
seputar teknik dasar dalam bermain skateboard.
Rancangan tampilannya seperti pada gambar 3.30.
.
Gambar
3.30 Rancangan Tampilan Halaman Submenu Teknik Dasar
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif.
-
Text view 1 = Judul
halaman teknik dasar.
-
Image view 1 = Berisi gambar
teknik dasar yang dipilih.
-
Text view 2 = Berisi
Informasi tentang teknik dasar yang dipilih.
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.12
Rancangan Tampilan Halaman Komunitas
Apabila user memilih menu mari bermain maka akan tampil
halaman yang berisi 4 pilihan konten tambahan salah satunya adalah Komunitas yang berisi 4 pilihan komunitas
skateboard. rancangan tampilan halaman perlengkapan dasar seperti pada gambar
3.31.
Gambar
3.31 Rancangan Tampilan Halaman Komunitas
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Button 1 = Komunitas
Taman Honda Tebet
-
Button 2 = Komunitas
Skateboarding UBL
-
Button 3 = Surabaya
Skateboard
-
Button 4 = Malang
Skateboard Scene
-
Background = Gambar layar belakang
pada halaman komunitas
3.4.13
Rancangan Tampilan Halaman Submenu
Pada Halaman Komunitas
Apabila user memilih button Komunitas dan memilih
salah satu button Komunitas yang terdapat disana maka akan tampil informasi
seputar komunitas skateboard. Rancangan tampilannya seperti pada gambar 3.32.
Gambar
3.32 Rancangan Tampilan Halaman Komunitas
Keterangan gambar :
-
Tittle = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Text view 1 = Judul
halaman berisi nama komunitas yang dipilih
-
Imag eview 1 = Berisi foto
komunitas yang dipilih
-
Textview2 = Berisi
informasi komunitas yang dipilih
-
Image view 2-5 = Berisi gambafoto-foto komu nitas yang
dipilih
-
Text view 3 = Berisi
tulisan “Para Skateboarders sedang menunjukan aksinya”.
-
Background = Gambar layar belakang
3.4.14
Rancangan Tampilan Halaman Event
Apabila user memilih Menu Mari Bermain maka akan tampil
halaman yang berisi 4 pilihan konten tambahan salah satunya adalah event yang berisi informasi kalender event-event nasional. Rancangan tampilan
halaman perlengkapan dasar seperti pada gambar 3.33.
Gambar
3.33 Rancangan Tampilan Halaman event
Keterangan gambar :
-
Title = Judul atau class yang
sedang aktif
-
Text view 1 = Berisi penjelasan
halaman event
-
Imag eview 1 = Berisi gambar
kalender event nasional
-
Background = Gambar layar belakang.
3.5 Langkah Pembuatan Program
Pada tahap pembuatan program ,
diperlukan perangkat lunak pendukung untuk membuat aplikasi layanan berbasis
lokasi, diantaranya yaitu Java Development kit, Eclipse Integrated Development
Environment, Android Software Development Kit, dan Android Development Tools.
3.6 Instalasi Perangkat
Lunak
Untuk
mendukung pembuatan aplikasi sederhana ini dibutuhkan beberapa software yang
perlu di install kedalam sistem, yaitu antara lain:
·
Android SDK
·
Eclipse Luna
·
Java SE 1.6
Setelah beberapa software tersebut diunduh,
selanjutnya install software tersebut dengan langkah-langkah dibawah ini:
1. Instalasi
Java SE 1.6
2. Extract
Eclipse yang sudah diunduh
3. Instalasi
Android SDK dengan cara hanya mengekstrak file Android SDK ke direktori mana
saja.
4. Setelah
selesai, kemudian instalasi ADT atau plugin Eclipse dengan cara buka Eclipse à
Menu Help à
Software Update.
5. Setelah
itu menghubungkan Android SDK dengan Eclipse dengan cara buka Eclipse à
Menu Windows à
Preference à
Pilih Android à
Browse Android SDK à
kemudian Apply à
sehingga muncul banyak platform yang telah diunduh paket-paket sebelumnya.
6. Selanjutnya
membuat AVD dengan cara buka Eclipse à
Menu Window à
AVD Manager à
klik New untuk membuat AVD.
7. Setelah
semua aplikasi diinstall, maka langsung ke pembuatan program. Buka IDE Eclipse
kemudian aka nada tampilan pilihan workspace yang akan digunakan.
Jalankan
IDE Eclipse kemudian pilih Menu File à New à
Android Application Project. Setelah
itu akan muncul jendela New Android Application untuk membuat nama project,
kemudian isi sebagai berikut:
· Application Name
(untuk member nama aplikasi)
· Project Name
(untuk member nama project)
· Package Name
(untuk memberi nama Package)
· Minimum Required SDK
(target platform minimal yang akan disupport aplikasi)
· Target SDK
(untuk memilih SDK yang menjadi target jalannya program)
· Compile With
(untuk mengcompile dengan SDK yang dibutuhkan)
· Theme
(untuk menambahkan tema)
· Configure Project
(untuk pengaturan projek)
·
Configure
Launcher icon(untuk mengaturan icon pada aplikasi)
Setelah pengisian pada jendela New Android Application selesaikemudian
pilih finish. Kemudian pada Project
Explorerterdapat beberapa elemen-elemen yang ada pada program. Pada
susunannya file java berada pada folder src, file generate java file (R.java)
berada pada folder gen, file xml berada pada folder res(layout.values), dan
file android manifest.xml serta default properties.
Pada
file src à
com.example.asalà
MainActivity,java adalah file java atau activity yang sebelumnya telah dibuat,
Activity merupakan basic class untuk sebuah user interface. Pada activity
terdapat sebuah method onCreate yang berfungsi memanggil setContentView.
Kemudian setContentView memanggil sebuah file yaitu activity_main.xml
(R.layout.main).
Main.xml merupakan user interface pada
aplikasi Android Pada source main.xml bahwa untuk menampilkan text adalah
dengan kode android:text=”@string/hello” kode tersebut menjelaskan bahwa
android:text berasal dari string.xml pada direktori res/values, melalui pointer
yang berada pada file R.java
File R.java sebuah class yang digenerate oleh sistem secara otomatis, yang
berisikan text dan elemen user interface dan tidak diperkenankan diubah secara
langsung.
Kemudian string yang ditunjukan adalah
string yang berada dalam file strings.xml, string dalam file ini nantinya akan
ditampilkan ke user interface.
Setelah itu menjalankan program dengan
cara klik kanan pada project à
Run As à
Android application, atau dengan cara singkat yaitu dengan klik tombol Run atau bisa dengan menekan CTRL + F11.
Pada saat
menjalankan program membutuhkan waktu beberapa menit untuk proses
loading dissimulator. Kemudian akan muncul output program.
3.6.2 Pembuatan Tampilan Halaman
Pembuka
Membuat halaman pembuka pada res è pilih file utuk desain halaman pembuka dan file ini
harus berekstensi .xml dan isi pada halaman pembuka yaitu text, image view, dan
progress bar dan untuk codingan pada java dapat dilihat pada listing program
dan hasilnya seperti pada gambar 3.23
Gambar 3.46
Tampilan Halaman Pembuka
3.6.3 Pembuatan Tampilan
Menu Utama
Halaman ini dibuat pada res è pilih new file yang berekstensi .xml pada halaman ini
berisikan button yang diberi background gambar untuk lebih jelas dalam hal
coding lihat pada listing program dan hasil dapat dilihat pada gambar 3.47
Gambar 3.47 Tampilan Halaman Menu Utama
3.6.4 Pembuatan Tampilan
Base Skatepark
Halaman ini dibuat pada res è pilih new file yang berekstensi .xml desain pada
halaman ini berisikan button yang diberi background gambar untuk lebih jelas
lihat pada listing program dan hasil rancangan
dapat dilihat pada gambar 3.48.
Gambar 3.48 Tampilan Base Skatepark
3.6.5
Tampilan Menu Toko Skateboard
Halaman ini dibuat pada res è layout dan pilih new file yang berekstensi .xml dan
halaman ini berisikan button yang diberi background gambar dan halaman ini
terdapat horizontal scroll view untuk menggeser layar ke kanan dan ke kiri
untuk codingan dapat dilihat pada listing program dan hasil rancangan dapat
dilihat pada gambar 3.49
Gambar 3.26 Tampilan Menu Bekasi Utara
3.6.6
Tampilan Menu Bekasi Selatan
Halaman ini dibuat pada res è layout dan pilih new file yang berekstensi .xml dan
halaman ini berisikan button yang diberi background gambar dan halaman ini
terdapat horizontal scroll view untuk menggeser layar ke kanan dan ke kiri
untuk codingan dapat dilihat pada listing program dan hasil rancangan dapat
dilihat pada gambar 3.27
Gambar 3.27 Tampilan Menu Bekasi Selatan
3.6.7
Pembuatan Tampilan Informasi SMA
Halaman ini dibuat pada res è layout dan pilih new file yang berekstensi .xml dan
halaman ini berisikan text view dan text image yang diberi background gambar
dan halaman ini berisikan informasi-informasi tentang SMA.
Gambar 3.28 Tampilan Informasi SMA
3.5.8
Pembuatan Tampilan Menu Bantuan
Halaman ini dibuat pada res è layout dan pilih new file yang berekstensi .xml dan
halaman ini berisikan button yang diberi background gambar dan beberapa
textview untuk codingan lihat listing
program dan hasil rancangan lihat pada gambar 3.29
Gambar 3.29
Tampilan Menu Bantuan
3.5.9 Pembuatan Tampilan Menu Tentang
Halaman
ini dibuat pada res è layout dan pilih new file yang berekstensi .xml dan halaman
ini berisikan button yang diberi background gambar, beberapa image view dan
beberapa text view untuk condingan dapat dilihat pasa listing program dan hasil
rancangan pada gambar 3.30
Gambar 3.30 Tampilan Menu Tentang
Untuk
mencoba aplikasi apakah bisa digunakan di telepon genggam atau tidak harus
diuji coba dahulu pada simulator android
virtual device. Android virtual device adalah sebuah simulator untuk
menjalankan program aplikasi android
yang dibuat oleh programer atau development android. Software ini mirip sekali dengan telepon
genggan berbasis android mulai dari
tampilan ataupun cara pemakaiannya. Android
Virtual Device juga sebagai alat ukur apakah program yang dibuat layak
digunakan untuk telepon genggam yang berbasis android sesungguhnya.
Langkah-langkah membuat
simulator Android Virtual Device :
-
Klik menu Windows
-
Klik AVD Manager
-
Klik New
-
Isikan AVD nama :
emulator
-
Isikan Device : 3.7”
QVGA slider (240 x 432 : ldpi)
-
Isikan target : Google
APIs(Google Inc.) – API Level 8
-
Setelah selesai klik create AVD
Langkah-langkah
menjalankan simulator yang sudah
dibuat :
-
Klik kanan pada program
yang akan dijalankan
-
Klik Run As
-
Klik Android Application
3.6.1
Tampilan Menu Halaman Pembuka
Membuat AVD untuk simulator menjalankan program
sudah dibuat, dan setelah dijalankan maka akan menucul tampilan halaman
pembuka, yang bisa dilihat pada gambar 3.32
Gambar 3.32 Tampilan Halaman Pembuka
3.6.2 Tampilan Menu Utama
Dalam tampilan menu utama terdapat beberapa menu
pilihan untuk mengakses menu lain yang dapat dipilih dengan menggunakan
simulator.
Gambar 3.33 Tampilan Menu Utama
3.6.3 Tampilan Menu Lokasi Skatepark
Dalam menu Lokasi Skatepark,
pengguna dapat memilih 10 lokasi skatepark
yang diinginkan. Setelah salah satu lokasi skatepark dipilih maka pengguna
dapat melihat informasi skatepark, alamat serta tombol untuk mencari lokasi yang
tersambung dengan gps, seperti pada gambar 3.34
Gambar 3.34 Tampilan Menu
Lokasi Skatepark
Tampilan – tampilan selanjutnya
dapat dilihat pada listing program yang tertera pada lampiran A.
3.7 Uji Coba
Pada Telpon Genggam Berbasis Android
Berikut ini akan ditampilkan tabel 3.1 untuk melihat
uji coba pada telpon genggam yang berbasis android.
Tabel
3.1: Uji Coba
Merk
Handphone
|
OS
|
Ukuran
Layar
|
Keterangan
|
Lenovo A328
|
Android 4.2.2
|
4.5 Inch
|
Aplikasi berjalan dengan baik
|
Samsung Galaxy
Star Plus GT-S7262
|
Android 4.2.0
|
4.0 Inch
|
Aplikasi berjalan dengan baik
|
Advan T5-A
|
Android 4.0.4
|
8.0 Inch
|
Aplikasi berjalan dengan baik
|
No comments:
Post a Comment